Ravniar Azzhahra Kunaifi

Entry About Linkies Friends Follow D'Board


  • Hello, welcome in Rav's blog, enjoy ! Don't forget to Follow ! :)


owner

Contact Me

credits
05:10 | 0 Cloud(s)


1.   Letak Luas dan Wilayah

Luas wilayah Malaysia adalah ± 332.370 km². Secara astronomis Malaysia terletak antara 0°52’LU – 7°22’LU dan antara 99°38’BT – 119°11’BT. Berdasarkan letaknya, wilayah Malaysia dapat dibagi atas :
a.    Malaysia Barat yang terletak di Semenanjung Malaka (semenanjung terpanjang di dunia yang merupakan kelanjutan dari daratan Asia).
Adapun batas-batas wilayah Malaysia Barat adalah berikut ini.
·         Sebelah Utara : Thailand
·         Sebelah Selatan : Indonesia dan Singapura
·         Sebelah Timur : Laut Cina Selatan dan Laut Natuna
·         Sebelah Barat : Selat Malaka dan Pulau Sumatra (Indonesia)
Malaysia Barat terdiri atas 11 negara bagian yaitu Johor, Kedah, Kelantan, Malaka, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, Pulau Pinang, Selangor, dan Trengganu.
b.    Mayalsia Timur yang terletak bersebelahan dengan negara Indonesia (Kalimantan) dan juga negara Brunnei Darussalam.
Dan batas-batas wilayah  Malaysia Timur adalah
·         Sebelah Utara : Laut Cina Selatan dan Brunei Darussalam.
·         Sebelah Selatan : Kalimantan (Indonesia)
·         Sebelah Timur : Laut Sulu dan negara Filipina
·         Sebelah Barat : Laut Natuna dan Laut Cina Selatan.
Malaysia Timur terdiri atas dua negara bagian, yaitu Sabah dan Serawak. Kedua wilayah tersebut dipisahkan oleh Laut Cina Selatan sejauh + 1.036 km.

2.   Bentang Alam

a.      Malaysia Barat
Malaysia Barat pada bagian tengah didominasi oleh pegunungan rendah, dengan puncak tertingginya Gunung Tahan (2.187 m). Nama-nama gunung lain di Malaysia bagian barat antara lain Gunung Belumut, bukit ulu Halo, dan Gunung Noring.
Di Malaysia bagian barat juga terdapat dataran rendah, yaitu dataran rendah Selangor Barat, dataran Johor selatan, dataran Pahang timur, dan dataran Kelantang bagian timur laut. Sedangkan beberapa sungai di Malaysia bagian barat antara lain sungai Pahang, sungai Kelantan, sungai Perak, dan sungai Terengganu.
b.      Malaysia Timur
Malaysia Timur sebagian besar berupa pegunungan yang merupakan rangkaian atau bagian dari pegunungan Sirkum Pasifik dengan puncak teritinggi Gunung Kinabalu (4.175 m).
Dataran rendah terdapat di sepanjang pantai utara dan pantai barat. Sungai utama di Malaysia Timur antara lain Sungai Kinabatangan, Sungai Rajang, Sungai Baram, dan Sungai Kemena.
3.   Iklim

·         Berbagai macam hujan di Malaysia, yaitu :
Ø  Hujan Perolakan   :  Matahari memanaskan udara di permukaan bumi dari pagi hingga malam. Udara panas mengembang dan naik ke atas karena udara itu lebih ringan daripada udara disekelilingnya. Kejadian ini dinamakan konveksi. Uap air itu akan naik beberapa ribumeter ke atas dan terjadi penguapan, yaitu uap air menjadi awan. Awan yang terbentuk ini dinamakan kumulonimbus. Lama-kelamaan awan akan menjadi hujan lebat. Hujan ini terjadi pada waktu malam yang disertai kilat dan petir. Turun diwilayah  yang kurang daripada 50 km2  dan dalam waktu +6 jam.
Ø  Hujan Bukit/Relief           : Apabila Angin Muson Timur Laut dan Angin Muson Barat Daya berhembus, hujan bukit akan turun dengan lebat di kawasan pegunungan dan bukit tinggi. Apabila angin yang bertiup dari laut ini dirintangi oleh bukit yang bergerak ke atas.Udara di dalam angin menjadi semakin sejuk dan terjadi penguapan terbentuklah awan hujan. Apabila awan ini semakin tinggi ia menjadi titisan hujan yang turun dengan lebat di hadapan bukit, yaitu yang menghala ke laut. Kawasan dibelakang gunung menjadi kawasan lindungan hujan dan menerima sedikit hujan karena air telah diturunkan di hadapan gunung.






·         Berikut adalah peta iklim Malaysia
http://image.slidesharecdn.com/cuacadaniklimnegara-101015221845-phpapp01/95/slide-3-728.jpg?cb=1287199205














            Keterangan      :
a.       Hujan melebihi 3500 mm pertahun, wilayah : Bukit Larut, Kaki Bukit Kelantan, dan Terengganu, Gunung Jerai, Gunung Batu Putih.
b.      Hujan antara 3000-3500 mm pertahun, wilayah : Pantai Timur Semenanjung Malaysia, Pantai Utara Sabah, Bagian Tengah Serawak.
c.       Hujan antara 2000-2500 mm pertahun, wilayah : Pedalaman Pantai Timur, Bagian SelatanSemenanjung Malaysia, Pedalaman Sabah.
d.      Hujan kurang dari 2000 mm pertahun, wilayah : Jelebu, Kuala Lumpur.

4.   Penduduk

Sebagian besar penduduk Malaysia adalah orang Melayu, selain itu juga terdapat orang Cina, India, Pakistan, dan sedikit orang Eropa. Penduduk asli Malaysia adalah suku bangsa Semang dan Sakai yang hidup di pegunungan. Penduduk di Serawak terdiri atas orang Dayak Pesisir (Iban), Cina, dan Dayak Pedalaman, sedangkan penduduk Sabah terdiri dari orang kadasan, Cina, dan Bajau.
Agama Islam merupakan agama resmi Malaysia, yang dianut oleh sebagian besar penduduknya. Agama lain yang terdapat di Malaysia yaitu agama Konghucu terutama dianut oleh orang Cina dan agama Hindu dianut oleh orang India.
5.   Perekonomian

Ekonomi Malaysia merupakan terbesar ketiga di Asia Tenggara dan kedua puluh sembilan di dunia berdasarkan PDB. Inflasi yang hanya sekitar 0,4% serta angka kemiskinan sebesar 3,5% menjadikan Malaysia sebagai salah satu negara yang perekonomiannya maju dengan pesat setelah krisis ekonomi 1998 yang mengguncang Asia
Mata uang yang digunakan secara resmi diseluruh Malaysia adalah ringgitMalaysia dikenal dengan hasil agrikulturnya yang melimpah, terutama dalam produksi karet dan minyak kelapa. Mitra ekspor utamanya adalah RRC,SingapuraAmerika Serikat dan Thailand. Ekspor terutama dalam bidang peralatan elektronik, gas alam cair, kayu serta produk olahannya, karet dan tekstil.
 Malaysia berhasil menduduki peringkat kedua puluh satu untuk kategori kemudahan berbisnis.






0 Comments:


Post a Comment